Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan
Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan
Forumnya Share informasi
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Forum Ini Di Dedikasikan Buat Anak Bkm dan UNtuk Kalangan Remaja Yang Mau Maju Dan Ingin Share Info Terbaru Di Sini Tempatnya
 
IndeksGalleryLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Tips Merawat Motor
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Apr 15, 2012 4:13 pm by Admin

» Pasang Jari-Jari Pelek, Perhatikan Diameter Batang (2012 )HOT
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Apr 15, 2012 3:51 pm by Admin

»  X-Road 150, Sport Bike Baru Minerva! 2012
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Apr 15, 2012 3:29 pm by Admin

» 4 Rahasia Hemat Bahan Bakar Yamaha Soul GT 2012 Hot
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Apr 15, 2012 3:19 pm by Admin

» RF Private Server RF_Legacy
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptyTue Apr 10, 2012 8:13 pm by Admin

» Beginilah Potret Pengemis di EROPA, Jauh lebih Kreatif dibandingkan dengan INDONESIA
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptyTue Apr 10, 2012 7:57 pm by Admin

» Persenjataan buatan ASLI Indonesia (PT.Pindad)
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Mar 25, 2012 10:10 am by Admin

» 10 Tips dan Trik Memaksimalkan Battery Life BlackBerry
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptySun Mar 25, 2012 9:29 am by Admin

» Mau Ganti Kampas Kopling Centrifugal CVT? Bisa Pilih Racing, Substitusi Atau Pantek!
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptyMon Dec 19, 2011 12:10 pm by Admin

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Top posters
Admin
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
chardew0
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
harimanstoyoso
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
putri_bkm2
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
dolicious
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
arief_namox
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor I_voting_bar17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty 
April 2024
MonTueWedThuFriSatSun
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930     
CalendarCalendar
Widgeo
widget
kaskus radio
KasKusRadio - Indonesian Radio
Klik Iklan

 

 17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor

Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 31
Points : 88
Reputation : 4
Join date : 06.04.11

17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor Empty
PostSubyek: 17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor   17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor EmptyMon Dec 19, 2011 10:45 am

No No

1.cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

2.cek kondisi roda
contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sevav bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagai na.

3.atur jarak main rem.
sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".

4.pelumas.
daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepad(jarak tempuh jauh),namun bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran na lancar.

5.setel klep.
celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.efek na,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat.sesuai spesifikasi motor masing".

6.setel kopling.
ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.

7.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM.lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.

8.filter karburator.
dr data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.

9.servis/setel karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.

10.menaikan kompresi.
ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head.melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.

11.upgrade sistem pendinginan.
stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.

12.upgrade mesin.
ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.

13.pakai fuel saver.
tak haram lo,jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagai na.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

14.upgrade pengapian.
sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.

15.cdi racing.
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.

16.ringan kan beban motor.
motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.

17.cara berkendara.
kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda masuk suka kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.

sumber tips di ambil dr tabloid otomotif.

klo boleh GRP na donk...,wahahahahah!!! ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
https://bkm2.forumid.net
 
17 Tips cara Mengawetkan Bahan Bakar Sepeda Motor
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Merawat Dan Memilih Busi Motor
» DOHC Pada Sepeda Motor
» Tentang EFI(electronic fuel injection) pada Sepeda Motor HOT NEWS @2012
» Tips Merawat Motor
» Tips Merawat Motor Matic

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forumnya Share informasi :: Teknik Kendaraan Ringan ( T K R ) :: Tips And Trick-
Navigasi: