Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan


Forum Ini Di Dedikasikan Buat Anak Bkm dan UNtuk Kalangan Remaja Yang Mau Maju Dan Ingin Share Info Terbaru Di Sini Tempatnya
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Top posters
Admin
 
chardew0
 
harimanstoyoso
 
putri_bkm2
 
dolicious
 
arief_namox
 
October 2017
MonTueWedThuFriSatSun
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     
CalendarCalendar
Widgeo
widget
kaskus radio
KasKusRadio - Indonesian Radio
Klik Iklan

Share | 
 

 Tips Merawat Dan Memilih Busi Motor

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 31
Points : 88
Reputation : 4
Join date : 06.04.11

PostSubyek: Tips Merawat Dan Memilih Busi Motor   Thu Jul 07, 2011 5:11 pm

Fungsi dari busi adalah sebagai alat untuk memercikkan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang pembakaran yang dihasilkan dari kerja karburator. Percikan ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkan busi, mesin tidak akan bekerja.
Agar mesin bekerja prima, sebaiknya anda rajin memperhatikan kondisi busi dengan cara membersihkannya dari kotoran dan sisa pelumas. Busi yang baik hendaknya mampu bekerja dalam suhu dan tekanan tinggi. Busi berhubungan langsung dengan pembakaran dalam mesin, sehingga dengan mengamati elektroda busi dapat kita lihat kondisi mesin motor tersebut.
Berikut ini beberapa tanda di busi yang berhubungan dengan kondisi mesin:
• Busi dalam kondisi baik dapat dilihat dari warna kaki sekatan busi yaitu abu-abu terang atau coklat kemerahan. Hal itu berarti kondisi mesin meliputi waktu pengapian dan penyetelan mesin dalam kondisi baik.
• Busi yang kotor insulatornya harus dibersihkan karena dapat mengganggu pembakaran. Bila ujung insulator, elektroda busi tertutup kotoran jelaga hitam dan sisa pembakaran yang halus itu berarti kemungkinan ada setelan yang tidak pas. Akibatnya konsumsi bahan bakar akan boros, asap sisa pembakaran berwarna hitam dan mesin akan susah untuk distarter dalam keadaan dingin. Segera perbaiki atau kalau perlu ganti busi dengan yang baru.
• Bila ujung insulator berwarna kuning agak coklat muda dan kadang-kadang muncul warna hijau hal itu menunjukkan kemungkinan bensin atau oli yang tercampur air atau aditif yang kurang cocok. Sehingga tarikan mesin menjadi kurang dan lamban berakselerasi serta knalpot jadi meledak-ledak.
• Busi yang berkerak kuning kehitaman itu menunjukkan bahwa campuran bahan bakar di karburator terlalu gemuk. Hal itu dapat disebabkan karena katup pada ruang pemanasan tidak bekerja, saringan udara kotor sehingga mengganggu pembakaran.
• Busi berkerak basah menunjukkan adanya oli yg masuk ke ruang bakar. Biasanya pada mesin 2 tak yang oli sampingnya masuk dalam ruang bakar, jika oli berlebih misalkan karena klep oli tidak mampu menahan oli yang mengalir dari bak oli maka dapat menyebabkan oli masuk dan terbakar di ruang bakar.
• Busi yang berkerak putih mengkilap dan berbutir itu menunjukkan busi dalam keadaan panas yang berlebihan. Penyebabnya bisa karena ruang bakar yang kotor dan berkerak , pemakaian bahan bakar beroktan rendah dan detonasi. Selain itu juga disebabkan oleh cairan pendingin ( khusus untuk motor dengan liquid cooling) masuk dan ikut terbakar di ruang bakar.
Kemudian cara merawat busi sebagai berikut:
1> Buka penutup busi, periksa kondisinya apakah masih dalam keadan baik atau tidak.
2> Bersihkan daerah sekitar lubang busi dengan kain bersih
3> Lepaskan busi dengan menggunakan kunci busi, periksa kondisi businya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu, itu tandanya pembakaran mesin motor anda masih berjalan baik.Namun jika busi terlihat basah dan keraknya berwarna hitam, artinya pembakaran didalm motor anda kurang sempurna.
4> Untuk memudahkan pembersihan, rendamlah busi dalam bensin atau minyak tanah, kemudian bersihkan busi dengan kuas/sikat dan keringkan dengan kain yang bersih. Bila tidak punya minyak tanah, jangan gunakan elpiji ya :) , gunakan amplas dan gosok ujung elektroda sampai bersih
5> Periksa celah antara elektroda, Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah elektroda berjarak 0.8mm sampai 1.2mm. Ukur dengan jangka sorong kalau ada :)
6> Setelah busi selesai dibersihkan, masukkan kembali ketempatnya secara hati-hati. Jangan memasang busi terlalu keras. Sebab bisa mengakibatkan busi akan sulit dilepas kembali atau bisa pula merusak ulir pada lubang mesin. Kekencangan busi berpengaruh pada letupan yang dihasilkan. Busi sebaiknya dicek setiap 3000km dan diganti setelah 6000km / lebih
dari oto.co.id dengan diedit seperlunya.
ARTIKEL TERKAIT
1. Arti Warna Kabel Listrik Motor
2. TIPS GANTI OLI MOTOR
3. CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR


Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://bkm2.forumid.net
 
Tips Merawat Dan Memilih Busi Motor
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips - tips untuk menghindari kecelakaan
» HIGH Performace Busi Silver BRISK
» Busi Iridium
» ( WTA ) Kalau Mau Ganti Busi perlu angkat tangki bensin ndak ?
» [WTS] Busi Denso Iridium semua type motor & mobil

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forumnya Share informasi :: Teknik Kendaraan Ringan ( T K R ) :: Tips And Trick-
Navigasi: