Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan


Forum Ini Di Dedikasikan Buat Anak Bkm dan UNtuk Kalangan Remaja Yang Mau Maju Dan Ingin Share Info Terbaru Di Sini Tempatnya
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Top posters
Admin
 
chardew0
 
harimanstoyoso
 
putri_bkm2
 
dolicious
 
arief_namox
 
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
Widgeo
widget
kaskus radio
KasKusRadio - Indonesian Radio
Klik Iklan

Share | 
 

 Pasang Jari-Jari Pelek, Perhatikan Diameter Batang (2012 )HOT

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 31
Points : 88
Reputation : 4
Join date : 06.04.11

PostSubyek: Pasang Jari-Jari Pelek, Perhatikan Diameter Batang (2012 )HOT    Sun Apr 15, 2012 3:51 pm

Buar ente-Ente Yang Suka Sama Band Ukuran 200 Sebaiknya Perhatikan Cara Pemasangan Jari Pada Velg Motor , Biar Ga cepet Rusak Dan Awet
No No




Diameter lubang tromol. Jari-jari luar lebih besar



Biasanya produsen jari-jari mempermudah pembedaan jari-jari untuk sisi luar atau dalam, melalui letak posisi pentol spoke itu sendiri di dalam kemasan. Beberapa hal kudu diperhatikan ketika ingin memasang jari-jari ke pelek.

Misalnya dengan tujuan mempermanis pacuan atau sekadar membuat daya topang lebih kuat. Sebab, tidak semua batang jari-jari itu memiliki diameter yang sama. Jadi, kalau salah pasang, bakal sulit setel balance pelek nantinya.

“Sebenarnya tidak hanya cuma susah bikin pelek center. Tapi, bisa juga jari-jari sulit masuk ke lubangnya yang ada di teromol. Itu karena umumnya diameter buat jari-jari di bagian dalam dan sisi luar, berbeda ukuran,” ungkap Hanafi, spesialis setel pelek di Jl. Kebon Jeruk III, Kota, Jakarta Barat.

Maksudnya jari-jari sisi luar adalah jari-jari yang pentolan (ujung bagian di teromol) menghadap ke tengah-tengah teromol. Sedang untuk jari-jari sisi dalam, justru sebaliknya. Yang pentolnya menghadap keluar.

Mengambil contoh, pengukuran dilakukan di jari-jari alias spoke aftermarket merek TDR buat Kawasaki Ninja 150R. Buat spoke yang sisi luar memiliki diameter batang di bagian pentolan sekitar 3,45 mm. Lalu, diukur lagi jari-jari yang buat sisi dalam. Diameter yang diusung, 3,40 mm. Itu artinya ada selisih 0,05 mm.

Setidaknya perbedaan ini bisa menjawab apa yang tadi diungkapkan Hanafi. Ya, sulit masuk ke lubang di teromol. Itu karena diameter pentol lebih besar dari sisi spoke bagian dalam. Akibatnya, tak sedikit dari tukang pelek yang punya inisiatif buat memperbesar lubang di teromol.

Memang, secara kasat mata, perbedaan ini sulit dibedakan. Lah wong hitungannya dalam ukuran mikron. Iya, bukan bentuk yang besar. Maka itu, kudu dihitung pakai alat ukur seperti sigmat atau jangka sorong.








Posisi pemasangan ditentukan besarnya diameter jari-jari


Tapi, buat mempermudah membedakan ketika pemasangannya nanti, biasanya produsen jari-jari sudah memberi tanda. Misalnya seperti merek TDR ini. Spoke buat sisi dalam dan luar, dibedakan dari letak pentol yang saling berlawanan.

“Jari-jari yang bagus, biasanya sudah langsung dibedakan di dalam kemasannya,” tutur Hanafi yang sudah 17 tahun menekuni usaha pasang dan setel pelek jari-jari ini. Jadi, ketika dikeluarkan dari kemasan, enggak perlu lagi memilih satu persatu buat dipisahkan.

Oh ya! Ketika membeli spoke, sobat juga kudu paham ukuran yang dibutuhkan. Karena tidak sedikit produk di pasaran yang punya panjang jari-jari berbeda, sesuai peruntukan. Misalnya, untuk roda pacuan sport atau buat di pelek besutan bergenre bebek.

Ambil contoh, ukuran 10 x 159. Ukuran ini, umum dipakai buat roda belakang motor bebek. Angka 10 punya arti panjang ulir drat buat nepel di ujung jari-jari adalah 10 mm. Sementara 159 itu punya maksud kalau panjang keseluruhan batang jari-jari itu adalah 159 mm.

Perhatikan ya!





sumber MOTOR PLUS





Ada Cairan Khusus Buat Ban Nih Videonya Cekidot

c de









ngacir ngacir
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://bkm2.forumid.net
 
Pasang Jari-Jari Pelek, Perhatikan Diameter Batang (2012 )HOT
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Modif velg jari-jari
» Pasang Saklar lampu beam di Ninja 250
» WTS Pelek R6, Kaliper komplit, swing arm gsxr 600 + zx6r + zx10r + cbr 600
» mau tanya velg vrossi
» BAN KLX 250 DIUBAH MENJADI SUPERMOTO

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forumnya Share informasi :: Teknik Kendaraan Ringan ( T K R ) :: Tips And Trick-
Navigasi: