Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan
Forumnya Share informasi
Ayoo Buruan Daftar KIta Bisa Share Info Baru Di Sini Daftar Buruan
Forumnya Share informasi
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Forum Ini Di Dedikasikan Buat Anak Bkm dan UNtuk Kalangan Remaja Yang Mau Maju Dan Ingin Share Info Terbaru Di Sini Tempatnya
 
IndeksGalleryLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Tips Merawat Motor
TENTANG CDI EmptySun Apr 15, 2012 4:13 pm by Admin

» Pasang Jari-Jari Pelek, Perhatikan Diameter Batang (2012 )HOT
TENTANG CDI EmptySun Apr 15, 2012 3:51 pm by Admin

»  X-Road 150, Sport Bike Baru Minerva! 2012
TENTANG CDI EmptySun Apr 15, 2012 3:29 pm by Admin

» 4 Rahasia Hemat Bahan Bakar Yamaha Soul GT 2012 Hot
TENTANG CDI EmptySun Apr 15, 2012 3:19 pm by Admin

» RF Private Server RF_Legacy
TENTANG CDI EmptyTue Apr 10, 2012 8:13 pm by Admin

» Beginilah Potret Pengemis di EROPA, Jauh lebih Kreatif dibandingkan dengan INDONESIA
TENTANG CDI EmptyTue Apr 10, 2012 7:57 pm by Admin

» Persenjataan buatan ASLI Indonesia (PT.Pindad)
TENTANG CDI EmptySun Mar 25, 2012 10:10 am by Admin

» 10 Tips dan Trik Memaksimalkan Battery Life BlackBerry
TENTANG CDI EmptySun Mar 25, 2012 9:29 am by Admin

» Mau Ganti Kampas Kopling Centrifugal CVT? Bisa Pilih Racing, Substitusi Atau Pantek!
TENTANG CDI EmptyMon Dec 19, 2011 12:10 pm by Admin

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Top posters
Admin
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
chardew0
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
harimanstoyoso
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
putri_bkm2
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
dolicious
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
arief_namox
TENTANG CDI EmptyTENTANG CDI I_voting_barTENTANG CDI Empty 
March 2024
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
Widgeo
widget
kaskus radio
KasKusRadio - Indonesian Radio
Klik Iklan

 

 TENTANG CDI

Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 31
Points : 88
Reputation : 4
Join date : 06.04.11

TENTANG CDI Empty
PostSubyek: TENTANG CDI   TENTANG CDI EmptyTue May 17, 2011 3:40 pm

Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).

Pada Sistem pengapian magneto terdapat beberapa kekurangan, yaitu:

1. Kumparan pengapian yang dipakai haruslah mempunyai nilai Induktansi yang besar, sehingga unjuk kerjanya di putaran tinggi mesin kurang memuaskan.
2. Bentuk fisik kumparan pengapian yang dipakai relatif besar.
3. Pemakaian kontak pemutus (breaker contact) menuntut perawatan dan penggantian komponen tersendiri.
4. Membutuhkan Pencatu daya yang mempunyai keluaran dengan Beda potensial listrik yang relatif rendah dan Kuat arus listrik yang relatif besar. Hal ini menuntut pemakaian komponen penghubung yang mempunyai nilai Resistansi serendah mungkin.

Walaupun pada nantinya dikembangkan Sistem pengapian transistor atau TSI (Transistorized Switching Ignition) atau TCI (Transistor Controlled Ignition) yang menggunakan transistor untuk menggantikan kontak pemutus, perlahan-lahan kurang diminati seiring dengan kemajuan teknologi.
[sunting] Cara kerja

Awalnya sebuah pencatu daya akan mengisi muatan pada kondensator dalam bentuk Arus listrik searah sampai mencapai beberapa ratus volt. Selanjutnya sebuah pemicu akan diaktifkan untuk menghentikan proses pengisian muatan kondensator, sekaligus memulai proses pengosongan muatan kondensator untuk mencatudaya kumparan pengapian melalui sebuah Saklar elektronik.

Karena bekerja dengan secara elektronik, sebagian besar komponennya merupakan komponen-komponen elektronik yang ditempatkan pada Papan rangkaian tercetak atau Printed Circuit Board (PCB), lalu dibungkus dengan bahan khusus agar terlindungi dari kotoran, uap, cairan maupun panas. Banyak orang yang menyebutnya modul CDI (CDI module), kotak CDI (CDI box), atau "CDI" saja.

Berdasarkan pencatu dayanya, sistem pengapian CDI terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sistem pengapian CDI AC yang merupakan dasar dari sistem pengapian CDI, dan menggunakan pencatu daya dari sumber Arus listrik bolak-balik (dinamo AC/alternator).
2. Sistem pengapian CDI DC yang menggunakan pencatu daya dari sumber arus listrik searah (misalnya dinamo DC, Batere, maupun Aki).

Awalnya sebuah pencatu daya akan mengisi muatan pada kondensator dalam bentuk Arus listrik searah sampai mencapai beberapa ratus volt. Selanjutnya sebuah pemicu akan diaktifkan untuk menghentikan proses pengisian muatan kondensator, sekaligus memulai proses pengosongan muatan kondensator untuk mencatudaya kumparan pengapian melalui sebuah Saklar elektronik.

Karena bekerja dengan secara elektronik, sebagian besar komponennya merupakan komponen-komponen elektronik yang ditempatkan pada Papan rangkaian tercetak atau Printed Circuit Board (PCB), lalu dibungkus dengan bahan khusus agar terlindungi dari kotoran, uap, cairan maupun panas. Banyak orang yang menyebutnya modul CDI (CDI module), kotak CDI (CDI box), atau "CDI" saja.

Berdasarkan pencatu dayanya, sistem pengapian CDI terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sistem pengapian CDI AC yang merupakan dasar dari sistem pengapian CDI, dan menggunakan pencatu daya dari sumber Arus listrik bolak-balik (dinamo AC/alternator).
2. Sistem pengapian CDI DC yang menggunakan pencatu daya dari sumber arus listrik searah (misalnya dinamo DC, Batere, maupun Aki).

[sunting] Bagian-bagian sistem pengapian

Berikut bagian-bagian yang bisa ditemui (atau mungkin beberapa diantaranya kadang-kadang tidak dipakai karena sesuatu hal) di dalam suatu sistem pengapian CDI:

1. Kumparan pengisian (charging coil).
2. Kumparan pemicu (trigger/pulser coil).
3. Penyearah (rectifier).
4. Baterai (battery).
5. Sekering (fuse).
6. Kunci kontak (contact switch).
7. Kondensator (capacitor).
8. Saklar elektronik (electronic switch).
9. Pengatur/penyetabil tegangan (voltage regulator/stabilizer).
10. Transformator penaik tegangan (voltage step up transformer).
11. Pengubah tegangan (voltage converter/inverter).
12. Pelipat tegangan (voltage multiplier).
13. Kumparan pengapian (ignition coil).
14. Kabel busi (spark plug cable).
15. Busi (spark plug).
16. Sistem pengawatan (wiring system).
17. Jalur bersama (common line).

[sunting] Catatan

Ada banyak ragam modul CDI dibuat, pada dasarnya harus memenuhi kebutuhan yang diminta kumparan pengapian dan secara tidak langsung harus menunjang pembakaran seoptimal mungkin, dengan cara mengatur besarnya arus, tegangan dan durasi dari proses pengisian dan pengosongan muatan kondensator. Hal ini menentukan besarnya pasokan daya untuk kumparan pengapian dan
juga Pewaktuan pengapian (ignition timing).



CONTOH GAMBAR >>>

TENTANG CDI E10


COBA MOTOR U PDA DI GANTE CDI NYA AKAN MENAMBAH HEMAT BBM 20%,AKSELERASI,SPEDD ADA 2 MEREK YG TERKENAL CDI BRT DAN CDI REXTOR


ngacir ngacir ngacir ngacir
Kembali Ke Atas Go down
https://bkm2.forumid.net
 
TENTANG CDI
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tentang ROM (Read Only Memory)
» Tentang ROM (Read Only Memory)
» Tentang Honda CBR250 R
» Tentang EFI(electronic fuel injection) pada Sepeda Motor HOT NEWS @2012

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forumnya Share informasi :: Teknik Kendaraan Ringan ( T K R ) :: Pengetahuan Tentang Spare Part Kendaraan-
Navigasi: